Breaking News
Home » Berita » Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia
Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia
Credit : Cerita Makan

Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia

Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia- Kopi ternikmat merupakan kopi yang akan selalu meninggalkan kesan yang mendalam pada saat selesai menikmatinya. Sehingga, ketika ingin menikmati kopi yang istimewa pada saat moment yang istimewa pula, maka pilihan pertama akan jatuh pada kopi yang ternikmat tersebut. Namun, kopi itu akan berkesan bila memiliki kekhasan tertentu, baik dari rasa maupun aroma dan juga tak lupa kekhasan dari proses pembuatannya.

Begitu pula yang terjadi pada pada kopi klotok. Dengan kesederhanaan kedai kopi yang menjual kopi klotok ini, rasa yang menarik dan sangat khas serta unik, juga dengan harga yang murah meriah, selain itu didukung dengan lokasi penjualan dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat menenangkan, sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai dan melepaskan penat.

Kopi klotok menjadi minuman favorit dan menjadi khas Indonesia, karena rasa pahitnya yang sangat pas. Selain itu, tidak hanya menggunakan kopi robusta sebagai jenis kopi yang akan diseduh, tapi juga menggunakan jenis kopi arabika. Jadi tinggal memilih, mana rasa yang sesuai dengan lidah.  Tidak lupa dengan menambahkan bahan-bahan pendukung lainnya, seperti jahe, air tebu dan juga air mineral.

Resep dari kopi klotok dengan komposisi yang beragam, membuat kopi ini menjadi lebih berbeda dari kopi yang lainnya, bahkan terkesan sangat unik karena campuran air sari dari tebu dan ditambahkan lagi adanya rasa jahe, semuanya bersatu menjadi satu rasa dengan pahitnya kopi. sehingga cita rasa yang ada di dalamnya sangat kompleks dan jadi lebih menarik. Selain itu, karena perpaduan dari beragam bahan yang digunakan, menghasilkan aroma yang sangat harum dan juga sangat berguna untuk menghangatkan tubuh karena menggunakan jahe. Jadi, kopi ini sangat bagus diminum saat bergadang di malam yang dingin. (Baca Juga : Americano Coffee, Basic Menu Coffee)

Kopi Klotok Kopi Tradisionla
Credit : Travelingyuk.com

Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia

Selain menggunakan bahan utama dalam pembuatannya, peracik kopi klotok sesekali juga menambahkan aneka rasa lain seperti madu, secang atau sepang, krimer dan vanilla, bahkan ada yang menambahkan alkohol. Sedangkan untuk nama klotok sendiri, diambil dari proses pembuatannya yang tergolong unik sehingga disebut klotok.

Cara membuat kopi klotok, yaitu pertama sekali jahe 10g digeprek dan dibakar hingga menghasilkan sedikit minyak, lalu masukkan kopi arabika atau robusta 2 sdm ke dalam panci dan aduk hingga keluar aromanya. Kemudian kecilkan apinya lalu tunggu hingga kopi lengket dengan panci, setelah itu klotok kopi tersebut hingga menjadi bubuk kembali, tuang air 200 ml secara perlahan dan tunggu sampai mendidih, dan masukkan jahe. Lalu sajikan pada 3-4 gelas. Tambahkan juga madu atau yang lain jika ingin manis. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »