Breaking News
Home » Barista » Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta
Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta
Credit : dunia kopi

Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta

Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta – Keunikan menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan nilai jual suatu benda, maupun kreatifitas yang dihasilkan. Karena, semakin unik sesuatu yang ditampilkan maka akan semakin mengundang keingintahuan siapa pun. Apa lagi, selain memiliki keunikan juga memiliki beragam manfaat yang sangat dibutuhkan oleh konsumennya, maka akan semakin terbukanya peluang untuk lakunya sesuatu yang ditawarkan pada pasar.

Begitu pulalah yang terjadi pada kopi joss, kopi yang sangat unik dan berasal dari Yogyakarta. Kopi ini memiliki sejarah panjang hingga menjadi bagian dari khasnya kota Yogyakarta. Berawal dari keinginan seorang peracik kopi yang ingin memberikan hal terbaik kepada pelanggannya. Pada saat itu, sekitar tahun 1980-an, seorang pemilik kedai kopi di stasium tugu, Yogyakarta yaitu Lek Man, mendapat pesanan kopi kothok dari pelanggannya. Namun karena Lek Man tidak tahu cara menyeduh kopi tersebut, maka beliau pun menyeduh kopi dan dicampurkan arang yang menyala. Semakin lama, semakin banyak yang meminta kopi arang menyala, sehingga semakin terkenallah kopi tersebut. Lalu, banyak yang menyebut kopi tersebut sebagai kopi joss karena saat arang dimasukkan kedalam kopi hingga nyala apinya hilang, terdengar suara ‘josss’. Oleh sebab itulah kopi unik dari Yogyakarta tersebut dipanggil dengan sebutan kopi joss. (Baca juga : Ristretto Bukanlah Kopi Espresso)

Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta
Credit : Good News from Indonesia

Kopi Joss, Kopi Unik Yogyakarta

Saat ini, teknik penyeduhan kopi joss sudah menyebar luas dan sudah banyak yang membuka kedai kopi juga menyajikan kopi joss dalam menu mereka. Karena pertambahan minat dari penikmat kopi, sehingga timbul suatu pernyataa bahwa ‘jangan bilang pencinta kopi kalau belum pernah mencicipi kopi joss’. Begitulah istimewanya kopi tersebut. Berawal dari hal yang sederhana hingga berada pada rasa yang istimewa di lidah pencinta kopi. Walaupun begitu, tidak hanya dari masyarakat nusantara, namun juga dari masyarakat mancanegara. Di luar negri, kopi ini sudah sangat terkenal dan sering disebut dengan ‘the charcoal coffee’.

Kandungan kopi antara lain: Riboflavin (Vitamin B2), Asam pantotenat (vitamin B5), Mangan dan KaliumMagnesium dan Niacin (B3). Ada berbagai manfaat yang terkandung dalam kopi joss, yaitu dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi, hal tersebut terjadi karena adanya kandungan kafein dalam kopi. lalu dapat menjaga kesehatan mulut karena memiliki sifat antibakteri, dapat menghambat kanker karena memiliki kandungan anti oksidan, dan banyak manfaat lainnya.

Untuk menambah wawasan tentang cita rasa kopi, para penikmat kopi sangat disarankan untuk menikmati secangkir kopi joss ala Yogyakarta. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • kopi joss yogyakarta

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »