Breaking News
Home » Berita » Ethiopia Kopi, Seperti Apa?
Ethiopia Kopi, Seperti Apa?
Credit : Pinterest.com

Ethiopia Kopi, Seperti Apa?

Ethiopia Kopi, Seperti Apa? – Ethiopia merupakan Negara bagian dari Afrika yang sebagian besar persentase perekonomian Negara tersebut hadir dari sektor pertanian. Topografi tanahnya terdiri dari dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1800-3000 m dpl, pegunungan dan dataran rendah.

Di Ethiopia inilah tanaman kopi tumbuh dengan sangat baik. Bahkan tidak jarang yang mengatakan bahwa Ethopia sebagai Negara lahirnya kopi. hingga kini, pertanian kopi serta pengolahannya menjadi salah satu penghasilan bagi Negara ini.

Ada sedikit keunikan tentang penanaman kopi di Ethiopia bahwa tidak adanya jenis kopi robusta. Jadi dapat dinyatakan kalau kopi arabika menguasai hutan dan lahan-lahan di Negara tersebut. Selain itu, kopi arabika juga ada tumbuh dengan liar di hutan daerah kaffa.

Banyak daerah yang menjadi lahan tumbuhnya tanaman kopi di Ethiopia, yaitu Sidamo dengan penghasil kopi yang umumnya menggunakan proses basah (washed) dan natural. Limu yang pada umumnya adalah petani kecil sebagai penghasil kopinya. Jima dengan varietal heirloom, Harrar yang merupakan daerah penghail kopi paling tua di Ethiopia. Yirgacheffe yang umumnya diolah dengan proses basah dan merupakan daerah penghasil kopi terbaik. (Baca juga : Cascara, Minuman populer Kekinian)

Ethiopia Kopi, Seperti Apa?
Sidama – Pur ProjetPur Projet

Ethiopia Kopi, Seperti Apa?

Sedikit berbeda dengan sistem penanaman kopi lainnya, sistem kopi di Ethiopia terbagi tiga, yaitu Forest Coffee merupakan kopi yang berasal pohon kopi liar, Garden Coffee merupakan kopi yang ditanam di sekitar tempat tinggal atau pemukiman dan Plantation Coffee merupakan kopi yang ditanam di kebun khusus.

Para ahli dibidang kopi, sering kali menyebutkan kalau Ethiopia kopi merupakan salah satu kopi yang terbaik di dunia karena iklimnya yang dapat memproduksi biji-biji kopi berkualitas. Seperti yang dikatakan Morton Wannersgaard bahwa “ ada banyak varietas purba yang berbeda-beda dan disebut warisan Ethiopia. Mereka tumbuh di tempat-tempat dengan tanah yang sempurna, ketinggian sempurna dan iklim mikro yang sangat cocok untuk mengolah kopi, karena iklim kering dan lain sebagainya”.

Karakter Ethiopia kopi pada umumnya memiliki jenis rasa yang beragam dan unik, mulai dari citrus, bahkan sering kali jeruk bergamot dan floral, juga rasa yang seperti buah manis dan buah-buah tropis.

Pada umumnya, kopi-kopi yang diolah dengan proses basah lebih cenderung memiliki karakter yang sangat elegan, kompleks dan sangat nikmat. Sementara yang dengan menggunakan proses natural akan lebih cenderung terasa fruity. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »