Breaking News
Home » Berita » Direct Trade Sistem yang Mensejahterakan Petani
direct trade kopi
direct trade kopi

Direct Trade Sistem yang Mensejahterakan Petani

Direct Trade Sistem yang Mensejahterakan Petani – Sesuai artinya, direct trade adalah hubungan langsung antara petani dan pembeli, sehingga tidak ada peran perantara. Pembeli biasanya adalah seorang roaster yang mencari kopi specialty. Direct trade merupakan sistem jual beli, bukan klasifikasi ataupun sertifikasi kopi. Tidak ada standar khusus untuk melakukan sistem ini, hanya kesepakatan yang disetujui antara petani dan pembeli. Praktik ini dapat dipertanggungjawabkan karena lebih transparan dan bernilai positif bagi industri kopi saat ini dan sudah menjadi trend di kalangan petani maupun pembeli kopi.

Dengan menerapkan sistem direct trade, harga tinggi yang dibayarkan pembeli tidak akan sia-sia, karena selain mendapat kopi yang berkualitas, pembeli juga dapat membantu meningkatkan pendapatan petani, sehingga mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, menyekolahkan anak, dan lain-lain. Inilah yang akan membantu mensejahterakan kehidupan para petani kopi. Selain itu, pembeli juga dapat mengunjungi lahan pertanian kopi untuk memastikan atau mengevaluasi langsung bahwa kualitas kopi yang diinginkan benar-benar sesuai. Secara langsung maupun tidak langsung, pembeli yang biasanya seorang roaster tentu akan memberi edukasi kepada para petani. (Baca Juga : Apa itu Sertifikasi Fair trade)

Direct Trade Kopi
Credit : Turkey homes

Fair Trade VS Direct Trade

Selain direct system, dikenal juga sistem fair trade. Perbedaannya adalah dapat dilakukan oleh siapa saja, baik petani perorangan ataupun kelompok, dan kapan saja tanpa harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari lembaga tertentu. Sedangkan fair trade perlu dibentuk kerjasama antara petani untuk membentuk koperasi kemudian mengurus sertifikasi fair trade dengan biaya yang tidak murah. Jika para petani tersebut tidak mampu, maka perlu kerjasama dengan pihak lain yang memberikan modal. Sebenarnya sistem direct trade ataupun fair trade sama-sama memiliki tujuan yang baik, yaitu mensejahterakan petani. Namun sistem fair trade yang tidak transparan seperti direct trade, kecurangan dengan mementingkan harga jual kopi yang tinggi dibandingkan kesejahteraan petani dapat terjadi kapan saja.

Roaster yang baik tentu akan memberi tahu pada konsumennya bahwa kopi yang mereka sediakan menggunakan sistem direct trade, sehingga secara tidak langsung para konsumen juga membantu meningkatkan kesejahteraan petani kopi. Atau cara lain jika ingin membeli kopi sendiri, pastikan bahwa kopi yang akan dibeli adalah kopi dari hasil direct system. (Windy)

Incoming search terms:

  • kopi tidak mensejahterakan
  • sada coffee direct trade

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »