Breaking News
Home » Berita » Cupping Coffee Seni Uji Kualitas Kopi
Cupping Coffee, Seni Uji Kualitas Kopi
Cupping Coffee Seni Uji Kualitas Kopi

Cupping Coffee Seni Uji Kualitas Kopi

Cupping Coffee, Seni Uji Kualitas Kopi – Kopi merupakan jenis minuman yang memiliki beragam varietas rasa maupun aroma. Menurut Agustinus Tassi yang merupakan seorang roaster (ahli penyangrai kopi) bahwa kopi memiliki sekitar 800 karakter kopi. Hal tersebut dapat dikenali dan juga dipelajari melalui cupping coffee atau proses observasi, menilai maupun membandingkan rasa yang ada pada kopi. Hal itu hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang professional dalam menilai rasa, aroma maupun kualitas pada kopi.

Cupping coffee dilakukan dengan menggunakan dua indra manusia yaitu indra penciuman (hidung) dan juga indra perasa (lidah). Seorang penilai atau cupper coffee yang handal adalah orang yang konsisten dalam menilai keseimbangan rasa, kebersihan rasa, keseragaman rasa dan memiliki kepekaan dalam mengenali, membedakan, serta membandingkan. Jadi dapat dikatakan, cupping coffee merupakan bagian utama yang menentukan kualitas kopi.

Kenneth Davids mengatakan bahwa “cup tester yang berpengalaman mampu membedakan cita rasa kopi dari daerah penghasil dalam campuran (blending), dengan cara yang sederhana yaitu mencium dan merasakan”. (Baca Juga : Size grinder Kopi dan metode penyeduannya)

Cupping Coffee Uji cita rasa
Credit : San Francisco Bay Coffee

Dengan adanya cupping coffee, maka dapat dengan mudah ditentukan komponen cita rasa yang ada pada kopi, baik dari segi bau kopi bubuk kering (fragrance), khas bau kopi (flavor), kekentalan (body), rasa asam enak (acidity), rasa pahit (bitterness), dan rasa manis (sweetness). Sehingga dapat terhindar dari cacat rasa yang ada pada kopi, yaitu bau basi (stink), bau tanah (earthy), bau jamur (mouldy), bau lumut (musty), rasa asam tidak enak (sour), bau minyak bumi (oily), bau bahan kimia (chemical), dan bau asap (smooky).

Tahapan Singkat Cupping Coffee

Dalam proses cupping atau uji cita rasa kopi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Yang pertama, biji kopi yang telah disangrai, lalu dilakukan pembauan agar mendapatkan aroma kopi sebelum diseduh atau fragrance. Setelah itu, kopi diseduh dengan air yang mendidih. Lalu lakukan pembauan pada kopi agar dapat menilai aroma kopi tersebut/break. Apabila suhu kopi sudah turun dan dapat dinikmati, maka lakukan penilaian rasa dengan cara mencicipi atau menyeruputnya untuk menilai keseluruhan dari komponen cita rasa kopi. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »