Breaking News
Home » Berita » Tips Seduh Kopi Tubruk
Tips Seduh Kopi Tubruk
Credit : everydayhealth.com

Tips Seduh Kopi Tubruk

Tips Seduh Kopi Tubruk – Menikmati secangkir kopi dengan cita rasa dan aroma yang maksimal merupakan suatu keharusan bagi penikmat kopi. Tentu saja untuk memperoleh hal tersebut, tahapan yang benar dalam membuat kopi memiliki kontrisbusi besar. Sehingga banyak orang yang bisa menyeduh secangkir kopi, namun tidak semua orang dapat membuat kopi tersebut benar-benar terasa nikmat dan luar biasa. Untuk menyeduh kopi dengan teknik yang paling sederhana sekali pun, tetap membutuhkan skill dan pengetahuan tentang hal tersebut.

Kopi tubruk merupakan salah satu teknik penyeduhan kopi yang dapat dikatakan sebagai salah satu warisan budaya minum kopi di Indonesia. Penyeduhan ala kopi tubruk ini sangat sederhana, namun untuk dapat memperoleh rasa terbaik yang benar-benar diinginkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Adi Taroepratjeka, hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu kopi, akan lebih baik bila menggiling kopi sebelum diseduh. Namun bila memungkinkan, pilihlah kopi yang belum lama disangrai agar kopi masih dalam keadaan fresh. Lalu air, akan lebih baik bila menggunakan air yang memiliki mineral agar minyak esensial yang terdapat dalam kopi dapat terseduh secara optimal. Hal lain dari air yang harus diperhatikan adalah suhu air tersebut, karena suhu air dapat mempengaruhi rasa dari kopi itu. Bila ingin kopi yang lebih terasa pahit, maka bisa menggunakan air yang mendidih karena semakin rendah temperatur dari air yang digunakan, dapat mengeluarkan asam (acidity) yang terkandung dalam kopi. (baca juga : Mengenal Kopi Ludah Monyet)

Tips Seduh Kopi Tubruk
Credit : The Mindful Tech Lifestyle

Kemudian proses yang dilakukan selama penyeduhan akan mempengaruhi cita rasa kopi. Untuk mendapatkan kopi tubruk yang nikmat, sesaat kopi sudah dituangkan, seduh selama 4 menit lalu jangan diaduk atau diberi apapun. Pada saat pengadukan, jumlah atau frekuensi mengaduk kopi dapat mempengaruhi rasanya, karena semakin banyak diaduk maka proses dalam pelepasan saripati kopi juga semakin banyak.

Tips Seduh Kopi Tubruk

Proses dalam pembuatan kopi tubruk sangatlah sederhana. Hal yang harus dilakukan pertama kalinya adalah menyediakan cangkir kopi yang akan digunakan. lalu memasak air hingga mendidih dan setelah itu diamkan selama lebih kurang 1 menit hingga mendapatkan suhu sekitar 92 sampai 96 derajat celcius. Kemudian masukkan kopi bubuk yang halus ke dalam cangkir dengan takaran sekitar 1 atau 2 sendok makan. Setelah itu tuangkan air ke dalam cangkir dengan gerakan sedikit memutar agar kopi tercampur sempurna. lalu diamkan kopi sekitar 3 menit agar kopi terekstrak dengan baik dan setelah itu kopi diaduk dan kopi pun dapat dinikmati.

Sederhana! Ya.. sesederhana menikmati kopi yang luar biasa dengan tips seduh yang mudah. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »