Home » Berita » Semi Washed, Full Washed dan Dry Process
Semi Washed, Full Washed dan Dry Process
Pencucian Gabah Arabica coffee

Semi Washed, Full Washed dan Dry Process

Semi Washed, Full Washed dan Dry Process – Pada umumnya hal yang dipercaya masyarakat bahwa kopi merupakan biji. Padahal kopi sebenarnya adalah buah. Cherry atau buah kopi biasanya berwarna merah ataupun berwarna kuning serta memiliki dua buah biji yang diselimuti oleh lapisan lembut bergetah, juga kulit tipis yang dikenal dengan sebutan parchment.

Pengolahan biji kopi dapat dimulai sejak cherry atau buah kopi sudah siap dipanen, lalu akan melalui masa pengeringan dengan menggunakan berbagai metode yang dapat menjadikan kopi memiliki kualitas rasa dan aroma yang berbeda-beda. Ada berbagai metode yang digunakan setelah masa pasca panen, yaitu semi wash, full wash dan juga dry process. Metode ini pulalah yang sering digunakan para petani untuk mengolah lebih lanjut, kopi yang siap mereka panen.

Semi wash merupakan proses yang sangat umum dijumpai di Indonesia dan sering pula dikenal dengan istilah ‘giling basah’ dan pada proses ini menggunakan dua kali proses dalam pengeringannya. Pertama sekali buah yang telah dipetik, pada bagian kulit terluarnya dikupas dengan menggunakan depulper, lalu dikeringkan sebentar bersamaan dengan lapisan getah yang tidak dibersihkan lagi, sehingga getahpun mongering di biji kopi pada saat proses pengeringannya. (baca juga : Mengapa harus konsumsi kopi ?)

Credit : Wine Coffee

Semi Washed, Full Washed dan Dry Process

Tingkat kelembapan kopi yang disisakan adalah sekitar 30-35% dan kadar air sekitar 10-12%. Kemudian dikupas lagi agar bentuknya benar-benar biji atau green bean. Jadi biji inilah yang dikeringkan untuk kedua kalinya agar benar cukup kering untuk disimpan.

Full washed atau juga dikenal dengan wet process merupakan salah satu proses pasca panen yang dapat diseleksi terlebih dahulu dengan merendamnya dalam air, buah yang mengapung akan dibuang, dan yang tenggelam akan diperoses lebih lanjut. Buah kopi dilumas menggunakan pulper, lalu lapisan kulit terluar akan dibuang, biji dengan getahnya kemudian difermentasikan di dalam air selama satu atau dua hari. Lalu biji dicuci dari getahnya dan setelahnya dapat mengeluarkan aroma.

Dry process juga dikenal dengan natural process atau unwashed coffee merupakan metode tertua dalam proses pasca panen. Dalam proses ini, buah kopi dicuci, kemudian dijemur. Setelah pengeringan, bijinya dikeluarkan lalu difermentasikan dan dikeringkan kembali. (Dhani)

Incoming search terms:

  • https://www sadakoffie com/semi-washed-full-washed-dan-dry-process/
  • semi ful jepang
  • full whass kopi
  • cara teknik proses semi wash kopi
  • Full Wash semi wash honey natural wine process
  • cara memproses kopi semi wash
  • fully-washed and semi-washed coffee
  • semiwash
  • kopi full washed
  • Kopi semi wash

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Asal Usul, Karakter, dan Keunikan Kopi Enrekang

Asal Usul, Karakter, dan Keunikan Kopi Enrekang

Asal Usul, Karakter, dan Keunikan Kopi Enrekang- Indonesia memiliki 5 pulau-pulau besar, seperti Sumatera, Jawa, …

2 comments

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
× How can I help you?