Breaking News
Home » Berita » Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi
Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi
Credit : food.idntimes.com

Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi

Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi- Produk makanan olahan dengan rasa kopi tentu sudah tidak asing lagi. Mulai dari roti, biskuit, sereal, dan lain-lain. Walaupun sebenarnya rasa kopi tersebut terkadang berasal dari perisa buatan yang ditambahkan ke dalam makanan. Bagaimana dengan makanan yang memang menggunakan bubuk kopi sebagai bahan dasar produk tersebut? Sekilas dapat dibedakan dengan harga jual kedua produk. Produk yang menggunakan perisa kopi tentu lebih murah dibandingkan produk yang memang menggunakan kopi sebagai bahan dasar.

Contoh produk yang pertama adalah selai kopi. Produk asal brand Inggris ini ternyata memerlukan waktu selama 1 tahun perancangan dan pembuatan hingga akhirnya dapat dipasarkan ke publik. Dilansir Independent.co.uk, produk ini pertama kali dipasarkan di salah satu toko di Oxford yang juga bertepatan dengan diselenggaranya UK Coffee Week selama 7 hari.

Selai kopi yang juga disebut espresso spread ini memiliki komposisi yang terdiri dari biji kopi Arabica, mentega coklat, gula, dan krim. Banyaknya tambahan pemanis ini membuat kadar kalori sebotol selai ini cukup tinggi, yakni setiap 20 gram selai mengandung 91 kalori. Setiap 9 gram mengandung single shot espresso, maka totalnya adalah 32 shot espresso dalam satu botol selai. Tekstur selai ini sama dengan selai pada umumnya, yang berbeda hanya rasanya yang sedikit pahit. Selai ini dapat dioleskan di atas roti maupun makanan lain sesuai selera konsumen. Harga untuk 1 botol espresso spread sebanyak 285 gram adalah £5.99 (Poundsterling) yang setara dengan Rp 200.000, cukup mahal untuk sebotol selai kopi. (Bava juga : Kopi Ala Cone Ice Cream)

Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi
Credit : food.idntimes.com

Produk Makanan Berbahan Dasar Kopi

Produk lain yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar adalah mentega kopi. Ide untuk membuat mentega kopi atau coffee butter ini berasal dari keinginan konsumen agar dapat memenuhi asupan kafein tanpa harus menyeduh kopi, atau pun hanya sebagai pelengkap saat sarapan. Sama seperti espresso spread, coffee butter juga mengandung lebih banyak kalori karena tambahan pemanis, serta tekstur yang lembut seperti mentega pada umumnya. Harga untuk 1 pack coffee butter ini lebih murah dibandingkan espresso spread, yaitu 230 yen atau setara dengan Rp 32.000.

Espresso spread atau coffee butter, kembali kepada selera konsumen. Untuk orang yang ingin menghemat waktu, menggunakan selai ini dapat menjadi pilihan. Namun, untuk orang yang menghindari asupan kalori berlebih, menikmati kopi dalam bentuk minuman dengan atau tanpa tambahan pemanis tentu lebih baik. (Windy)

Incoming search terms:

  • makanan berbahan dasar kopi
  • produk makanan dari kopi

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »