Breaking News
Home » Berita » Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop
Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop
Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop

Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop

Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop – Saat ini, kopi sudah memiliki trendnya sendiri di berbagai kalangan pencinta kopi. Sehingga, kopi dapat menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Tentu saja, hal itu dapat benar-benar menguntungkan bila pemula dalam usaha ini, tahu cara mengembangkan usaha coffee shop. Di Indonesia, prospek dari usaha coffe shop sudah menjadi rahasia umum, jadi tidak mengherankan lagi bila usaha ini sudah menjamur. Baik di tengah kota besar maupun di daerah terpencil, tentu dengan sasaran market pasar yang berbeda dan kualitas yang ditawarkan pun berbeda pula.

Persiapan Dasar Membuka Coffee Shop

Untuk seseorang yang baru akan membuka usaha coffee shop, ada beberapa hal dasar yang harus diperhatikan dan dipersiapkan secara matang, yaitu:

  1. Business plan. Agar bisnis yang dibangun lebih matang, mendatangkan keuntungan yang besar dan dapat berjalan seperti yang diharapkan, membuat business plan merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Hal itu termasuk menentukan customer atau target pasar yang menjadi sasaran, mempelajari setiap usaha lain yang menjadi kompetitor sejenis dengan usaha coffee shop yang dibangun,  penentuan harga yang sepadan dengan kualitas yang ditawarkan dan mengatur estimasi keuntungan itu sendiri.
  2. Konsep coffee shop. Sebelum membuka coffee shop, lebih baik ditentukan konsep dan segmen yang digunakan. Konsep itu sendiri mencakup berbagai hal, terdiri dari desain ruangan makanan dan minuman yang disajikan, pelayanan, furniture ruangan maupun tampilan buku menu. Membuat logo dari coffee shop juga bagian penting dari konsep yang menunjukkan identitas dari usaha yang dijalankan.
    coffee shop
    coffee shop
  3. Interior dan Eksterior. Dalam penataan interior, harus sesuai dengan konsep yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Interior yang baik merupakan interior yang dapat membuat pengunjung merasa betah, terutama bila konsep yang disajikan dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan karena penataan di dalam ruangan sangat menentukan perasaan setiap pengunjung.  Sedangkan untuk eksterior atau desain bagian luar ruangan haruslah memiliki nilai estetika yang tinggi dan berkesinambungan dengan desain ruangan secara keseluruhan. Tampilan luar inilah yang menjadi faktor utama bagi pengunjung untuk datang ke coffee shop anda. (Baca Juga : Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Barista)
  4. Lokasi, pemasaran dan promosi. Ketiga hal tersebut merupakan bagian yang saling berkesinambungan. Berada di lokasi yang strategis dan ramai aktifitas, tidak memberikan jaminan akan keberhasilan usaha yang dibangun. Sehingga diperlukan strategi pemasaran/marketing dan promosi yang kreatif dan menarik maupun workshop tentang kopi.
  5. Kualitas rasa. Seluruh poin sebelumnya, tidak akan berguna bila tidak diimbangi dengan kualitas rasa yang disajikan. Secangkir kopi, mampu menentukan nasib dari keberlangsungan usaha coffee shop yang dibangun. Jadi, usahakan kualitas rasa yang khas dan aroma yang menarik menjadi poin penting yang harus anda miliki untuk merintis usaha ini dari awal. (Dhani)

Incoming search terms:

  • awal membuat konsep coffee shop
  • persiapan membuat barista coffe

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »