Breaking News
Home » Berita » Mengapa Harus Konsumsi Kopi ?
Mengapa harus Konsumsi Kopi
Credit : washingtonian.com

Mengapa Harus Konsumsi Kopi ?

Mengapa Harus Konsumsi Kopi ? – Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi merupakan minuman yang dapat merusak kesehatan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya secara terus menerus. Padahal telah terbukti secara ilmiah, kalau kopi merupakan minuman yang mengandung berbagai macam manfaat yang bagus untuk kesehatan. Oleh sebab itu, perlunya dilakukan edukasi lebih lanjut kepada pengguna agar mindset yang seperti itu tidak lagi mengakar dalam fikiran mereka.

Kenapa kopi memiliki manfaat yang beragam? Tentu saja karena kopi bukan hanya minuman yang berwarna hitam saja, tapi juga karena kopi memiliki berbagai macam nutrisi dari biji kopinya hingga terus ada sampai kopi diproses dan diseduh dalam secangkir kopi yang nikmat.

Dalam satu gelas kopi yang dinikmati setiap hari, memiliki kandungan berupa:

  • Riboflavin atau vitamin B2 yang 11% dari jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh perhari
  • Pantothenic acid atau vitamin B5 yang 6% dari jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh perhari
  • Manganese dan potassium yang 3% dari jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh perhari
  • Magnesium dan niacin atau vitamin B3 yang 2% dari nutrisi yang diperlukan tubuh perhari.

(Baca juga : Apa itu Higroskopis Kopi?)

Mengapa harus Konsumsi Kopi
Credit : One Medical

Mengapa Harus Konsumsi Kopi ?

Selain itu, kopi juga dapat dinyatakan sebagai sumber antioksidan karena di dalamnya terkandung dalam jumlah yang sangat besar. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, belum ada antioksidan yang dapat diserap oleh tubuh seperti kopi, termasuk sayuran dan buah. Bahkan dalam penelitian lainnya menunjukkan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi dibandingkan dari sayuran maupun buah.

Kebanyakan orang akan meminum kopi satu gelas perhari, namun bila mengnsumsi kopi tiga hingga empat gelas perhari, maka akan memperoleh nutrisi yang semakin tinggi. Walaupun demikian, tidak boleh mengonsumsi kopi lebih dari 400mg perharinya, karena hal tersebut akan memberikan dampak buruk secara signifikan kepada tubuh pengonsumsinya yang disebabkan oleh jumlah kafein yang dikonsumsi juga melewati kadar toleransi tubuh manusia. Sehingga tidak heran, hal tersebut bukannya memberikan manfaat malah akan menghilangkan berbagai manfaat yang terkandung dalam secangkir kopi yang dinikmati setiap harinya. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »