Breaking News
Home » Berita » SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8
SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8
SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8

SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8

SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8 – INDONESIA Cupping Competition ( Kontes Kopi Spesialti Indonesia – KKSI) diselenggarakan perdana pada tahun 2008. saat ini tepatnya tahun 2016, AEKI kembali hadir menyelenggarakan KKSI ke 8 bertempat di Takengon dalam event Gayo Highland – Sumatera Coffee Festival tanggal 21-23 oktober 2016.

Sada Coffee berkolaborasi dengan Nutrisi Aceh ikut serta mengirimkan 2 sampel kopi arabica terbaik untuk kemudian masuk kepada tahapan seleksi oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. sampel kopi yang di kirim sebanyak 2 kg representatif dari keseluruhan lot yang akan di perlombakan. Kopi arabica dan robusta yang telah berada di tangan PPKKI selanjutnya akan di nilai oleh juri master cupper dari 5 negara berbeda yaitu : Indonesia, Brazil, German, Belanda, USA dan Jepang.

Kontes Kopi Specialty Indonesia ke-8 ini bertujuan untuk :

  1. Sebagai inventarisasi kopi spesialty, untuk spesifikasi karakteristik mutu fisik serta citarasa terbaik.
  2. Memilih kopi spesialti dengan mutu fisik dan citarasa terbaik se-Nusantara
  3. Mendukung pengembangan produksi kopi spesialti Indonesia bagi pasar ekspor dan pasar domestik.
  4. Mendorong para petani untuk mempertahankan citarasanya kopi specialty
  5. Mendorong peningkatan harga jual kopi kopi specialty Indonesia
mekanisme-kontes-kksi-8
mekanisme-kontes-kksi-8

SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8

Tanggal 27 september 2016 menjadi istimewa karena satu dari dua sampel kopi yang kami kirimkan masuk sebagai nominasi Pemenang semifinal kontes kopi 2016 kategori Arabica bersama 14 petani dan pengusaha kopi se- Nusantara. Selanjutnya ke 15 peserta yang lolos harus mengirimkan kopi sebanyak 1 sampai 10 lot (1 lot=60 kg). untuk kemudian dilakukan verifikasi uji kesamaan sampel dengan lot kopi peserta yang lolos ke tahap semifinal. Selanjutnya dilakukan Verifikasi oleh Team Taman Delta Indonesia  dengan hasil Tenderable dan Non Tenderable. Non tenderable ialah verifikasi ketidaksesuaian sampel dengan stok lot 60 kg dan selanjutnya akan dinyatakan diskualifikasi/GUGUR. kopi yang telah gugur dikembalikan kepada peserta dengan biaya kirim ditanggung peserta. Sisa stok lot peserta yang lolos akan di lakukan Penjualan Tender di waktu terpisah dan atau dibeli secara bottom price oleh TDI. Peserta Tenderable akan diumumkan dan diinformasikan kepada masing-masing peserta untuk dikirim undangan khusus menghadiri Festival Kopi.

 Source : aeki-aice.org

Incoming search terms:

  • kontes kopi specialty indonesia 2017
SADA COFFEE on Kontes Kopi Specialty Indonesia Ke 8 - INDONESIA Cupping Competition ( Kontes Kopi Spesialti Indonesia - KKSI) diselenggarakan perdana pada tahun 2008. saat ini tepatnya tahun 2016, AEKI kembali hadir menyelenggarakan KKSI ke 8 bertempat di Takengon dalam event Gayo Highland - Sumatera Coffee Festival tanggal 21-23 oktober 2016. Sada Coffee berkolaborasi dengan Nutrisi Aceh ikut serta mengirimkan 2 sampel kopi arabica terbaik untuk kemudian masuk kepada tahapan seleksi oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. sampel kopi yang di kirim sebanyak 2 kg representatif dari keseluruhan lot yang akan di perlombakan. Kopi arabica dan robusta yang telah berada…

User Rating: Be the first one !

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »