Breaking News
Home » Berita » Cara Menyeduh Kopi Arabica
Cara Menyeduh Kopi Arabica
Cara Menyeduh Kopi Arabica

Cara Menyeduh Kopi Arabica

Cara Menyeduh Kopi Arabica –  Saat ini tren pasar arabica mulai naik melampaui pasar robusta, beberapa pengusaha robusta yang telah berpuluh tahun membuka usaha warung kopi mengaku menyediakan Arabica di gerainya untuk mengamankan permintaan pelanggan. Di Sisi lain Pemain Arabica terus bermunculan meramaikan tren positif kopi di tanah air. tentu saja tren ini sangat baik mengingat Indonesia adalah penghasil Kopi terbesar ketiga setelah Brazil dan Vietnam.

Berbagai Produk Arabica dan Robusta yang ditawarkan dengan berbagai keistimewaan dan karakter rasa yang di unggulkan, tentunya semua produk bergantung pada selera dan nikmat yang diperoleh. Bicara rasa kopi bicara tentang kompleksitas penilaian, sebab enak itu memiliki standarisasi. Pada Sebagian peminum Kopi. Kopi enak dan nikmat tidak dapat dinikmati karena salah proses menyeduh kopi, sering kali karakter bawaan kopi yang terkandung di dalamnya hilang karena proses menyeduh yang salah. Untuk itu kami akan berbagi tips bagaimana cara menyeduh kopi arabica yang benar.

Tubruk Coffee
Tubruk Coffee

Bagaimana Cara Menyeduh kopi arabica

Menyeduh Kopi Arabica harus memenuhi kaidah sedu kopi sebagai standarisasi penilaian kopi. untuk itu kami sertakan bagaimana sebenarnya membuat kopi/ seduh kopi (tubruk) yang benar :

  1. Sediakan Kopi sangrai (Roasted Bean) yang ingin di haluskan menggunakan grinder / Kopi yang sudah halus di masukkan kedalam cangkir kopi sebanyak 10 gr grounded dengan tingkat kehalusan 15, skala Course 0-30 (WPM grinder machine)
  2. Panaskan air hingga sushu 93 derajat celcius, jika Air sudah mendidih sampai 100 derajat celcius, diamkan sejenah hingga 1,5 menit untuk menurun kan derajat suhu menjadi 93. hal ini dilakukan agar seluruh karakter kopi muncul.
  3. Tuangkan air sebanyak 200 cc kedalam cangkir berisi kopi grounded 10 gr. selanjutnya diamkan selama 4 menit agar siap untuk dinikmati.
  4. setelah 4 menit, aduk permukaan kopi, bagian ampas kopi yang masih tersisa di permukaan di ambil dan pisahkan dari gelas kopi.
  5. selanjutnya kopi nikmat siap dinikmati.

note : Standarisasi diambil dari cupping protocol SCA sebagai Standarisasi pengujian (cupping Coffee) secara global. rujukan Specialty Coffee Association of America

 

Incoming search terms:

  • cara menyeduh kopi arabika
  • Cara penyajian kopi arabica speciality
  • takaran membuat kopi arabika
  • cara seduh kopi ara
  • cara seduh arabika
  • cara penyajian kopi arabika
  • cara pembuatan kopi arabica
  • cara menyeduh kopi arabila
  • cara mengolah coffie arabica di rumah
  • cara membuat kopi arabika yang enak

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »