Breaking News
Home » Berita » Benarkah Biji Kopi Menentukan Kualitas Kopi?
Benarkah Biji Kopi Menentukan Kualitas Kopi?
Benarkah Biji Kopi Menentukan Kualitas Kopi?

Benarkah Biji Kopi Menentukan Kualitas Kopi?

Benarkah Biji Kopi Menentukan Kualitas Kopi? – Untuk dapat menikmati cita rasa terbaik dari kopi, banyak penikmat kopi yang mengalami kesulitan dalam memilih kopi dengan kualitas terbaik. Bahkan, tidak sedikit dari penikmat kopi yang salah kaprah atau salah memahami bahwa harga menentukan kualitas suatu kopi. Padahal, tidak semua kopi yang berharga mahal memiliki kualitas baik ataupun sebaliknya, kopi dengan harga jual yang murah memiliki kualitas yang buruk.

Dalam menentukan kualitas suatu kopi, penikmat atau pembeli kopi dapat memilah sendiri kopi yang berkualitas baik. Sehingga, pembeli dapat memperoleh kopi dengan kualitas prima namun dengan harga yang terjangkau dan dapat menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Lalu, bagaimanakah cara atau tips yang dapat digunakan penikmat maupun pembeli kopi untuk menentukan kualitas suatu kopi?

Tips Menentukan Kualitas Kopi 

Hal pertama yang harus diketahui dalam menetukan kualitas suatu kopi adalah memastikan bahwa pembeli harus mengetahui kapan roasted atau sangrainya dilakukan, karena baik atau tidaknya suatu kopi ditentukan oleh kesegaran dari masa roastednya. Secara umum, kopi akan dalam keadaan fresh bila berumur tidak lebih dari dua bulan setelah masa sangrainya. Bila kopi masih dalam keadaan fresh, maka kualitas kopi tersebut juga akan sangat baik. (Baca juga : Trend kopi di kalangan Remaja)

Biji Kopi Roasting
Biji Kopi Roasting

Kualitas dari Biji Kopi

Kualitas kopi dapat dinilai dari aroma biji kopi. Apabila biji kopi memiliki kualitas yang baik, maka biji tersebut memiliki aroma yang khas. Namun, untuk dapat mengetahui kekhasan dari aroma yang ada pada kopi, tentu saja pembeli harus mempelajari aroma tersebut terlebih dahulu untuk dapat membedakan aroma kopi yang soft, medium dan strong. Tapi yang lebih penting, hindari memilih kopi yang berbau apek atau tidak memiliki aroma sama sekali, karena dapat dipastikan bahwa kopi tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Saat membeli kopi, sangat disarankan untuk langsung membeli biji kopi. Jadi pembeli tidak perlu merasa khawatir kopi dicampur dengan bahan tambahan lainnya yang dapat merusak cita rasa dari kopi itu sendiri. Selain itu, bubuk kopi juga rentan terhadap cahaya, air, dan udara karena ketiga hal tersebut dapat menurunkan kualitas kopi.

Keunikan yang dimiliki kopi adalah memiliki sensasi kenikmatan, cita rasa dan aroma yang berbeda-beda dari setiap spesies tanaman kopi. Jadi, tidak ada salahnya bila penikmat kopi mencicipi semua jenis kopi yang ada, agar dapat menambah wawasan terhadap kopi dari segala aspek yang dimilikinya.

 

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »