Breaking News
Home » Berita » Apa Itu Geisha Coffee?
Apa Itu Geisha Coffee?
Credit :Fratello Coffee Roasters -Geisha Coffee

Apa Itu Geisha Coffee?

Apa Itu Geisha Coffee? Sebelumnya telah dibahas artikel mengenai varietas kopi Arabica yang populer, namun salah satu varietas yang memiliki ciri khas unik dan langka ini belum diulas. Geisha coffee, adalah salah satu varietas yang mulai terkenal sejak tumbuh sekitar tahun 1960 di daerah Boquete, Panama. Meskipun diyakini sampai saat ini bahwa asal mula kopi ini adalah dari dekat pegunungan daerah bernama Gesha di Ethiopia pada tahun 1930. Dengan tumbuhnya geisha di Panama, dapat dikatakan bahwa akhirnya ia menemukan ‘rumahnya yang tepat’. Geisha coffee sudah sering menang sebagai specialty coffee sejak tahun 2004, langka karena persediaan yang terbatas dan harga yang sangat tinggi. Sama seperti wine, kopi juga memiliki tahun-tahun terbaik dan tahun-tahun terburuk untuk tumbuh.

Aroma dan rasa yang ditemukan dari kopi ini benar-benar beragam. Dengan tingkat kemanisan yang baik dan bersih perpaduan dari buah berry, nanas, jeruk, jambu biji, peach, pepaya, mangga, madu, serta aroma bunga melati, vanila, dan marshmallow. Banyak juga yang mendeskripsikan Geisha coffee memiliki ciri khas seperti teh Earl Grey, karena rasa kulit jeruk dan minyak bergamot. (baca juga : Organic Coffee, apa syaratnya?)

Apa Itu Geisha Coffee?
Credit : Lagunas Adventures

Apa Itu Geisha Coffee?

Namun, berbeda lokasi maka ciri khasnya pun sedikit berbeda. Berdasarkan pengalaman seorang taster yang mencoba dua brand geisha coffee, geisha yang pertama mengeluarkan aroma buah ketika diseduh, dan ketika dicicip pun sama. Sedangkan geisha kedua, ia menggambarkan rasanya seperti kebun bunga, yang mana aroma bunga yang kuat, rasa buah – buahan, dan sedikit pedas. Ric Rhinehart, seorang coffee cupper profesional sekaligus ketua Specialty Coffee Assosiation of Amerika (SCAA), mengatakan bahwa geisha coffee tidak hanya memiliki rasa yang cocok dengan aromanya yang intens dan kompleks, tetapi juga keasaman yang sempurna, kekentalan yang solid, dan tingkat kemanisan yang baik membuat secangkir kopi ini benar-benar lengkap.

Kualitas kopi ini akan meningkat jika tumbuh di daerah dataran tinggi, dengan ketinggian 1450 meter hingga 1700 meter di atas permukaan air laut, iklim, dan tanah yang cocok. Para petani kopi pun juga semakin giat menanam geisha. (windy)

Incoming search terms:

  • Apa itu kopi geisha panama
  • Arabika geisha
  • cita rasa wine coffee geisha
  • geisha coffee indonesia
  • Kopi gesa
  • kopi ghesa
  • yang di maksud arabika geisha

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »