Breaking News
Home » Barista » Alasan Peralatan Kopi Mahal
Alasan Peralatan Kopi Mahal
Credit : probat machine

Alasan Peralatan Kopi Mahal

Alasan Peralatan Kopi Mahal- Kualitas menentukan harga, begitulah kalimat yang tidak asing di telinga siapapun. Termasuk peralatan kopi, mulai dari mesin roaster, mesin grinder, mesin espresso, alat seduh manual, dan lain-lain. Kualitas yang dimiliki diperoleh dari banyak uji coba, perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia, dan karena telah memenuhi standar nasional maupun internasional, sehingga berhak untuk dipasarkan dengan harga jual yang tinggi.

Contohnya mesin roaster, harus mampu menyangrai lebih banyak untuk kebutuhan skala yang lebih besar seperti coffee shop atau industri kopi. Telah lulus uji coba dan aman digunakan karena api atau gas tidak menyambar keluar, serta bahan material logam yang digunakan kuat dan tidak mudah rapuh atau berkarat. (Baca juga : Triangulation Pada Tahapan Cupping Kopi)

Alasan Peralatan Kopi Mahal
Credit : Hario Indonesia Online Shop

Alasan Peralatan Kopi Mahal

Sedangkan mesin grinder, dibutuhkan konsistensi agar setiap hasil gilingan merata sesuai dengan ukuran (grind size), coarse, medium, atau fine-grind. Jika hasil gilingan tidak konsisten maka proses ekstraksi saat penyeduhan kopi juga tidak merata. Untuk mesin grinder rumahan, standard ukuran kecil mungkin sudah cukup. Namun untuk sebuah coffee shop atau industri kopi, dibutuhkan mesin grinder minimal dengan berat 25 pound, berat ini karena mesin lebih besar dan mampu menggiling banyak biji kopi. Jika memaksa memakai mesin dengan ukuran yang lebih kecil, mesin akan menjadi panas dan terbakar karena dipakai terus menerus.

Selain mampu membuat espresso, mesin espresso juga harus kuat bertahun-tahun. Di coffee shop, sangat tidak direkomendasikan menggunakan mesin espresso dengan standard untuk penggunaan di rumah, walaupun dengan kualitas tinggi dan harganya mahal. Dan jika mesin yang digunakan kualitas rendah hanya untuk meminimalisir pengeluaran karena harga yang murah, maka ketika terjadi kerusakan akan merugikan coffee shop itu sendiri karena perlu membeli mesin yang baru sebagai pengganti.

Dari uraian singkat beberapa peralatan kopi di atas, sudah dapat diketahui bahwa alasan mahalnya peralatan kopi karena bahan material yang digunakan harus memenuhi standard agar tahan lama, telah melalui uji coba untuk mendapatkan sertifikasi, konsistensi hasil, dan volume mesin.

Incoming search terms:

  • peralatan kopi
  • kopi peralatan
  • perlengkapan kopi shop

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1- Kopi memiliki varietas yang membuat minuman ini selalu eksis. Bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »